Tips Mendesain Dapur Cantik

Dapur cantik merupakan impian setiap penghuni rumah, terutama kaum ibu. Sayangnya, kata cantik dan memikat kerap kali diartikan dengan sesuatu yang mewah dan mahal.

Padahal, menciptakan dapur cantik dengan menerapkan sentuhan desain dan pengolahan  finishing yang tepat, area dapur dapat disulap menjadi cantik, mewah, dan berkelas.

Ya, modal besar tidak menjamin dapur Anda terlihat cantik dan elegan. Dengan desain dan polesan tepat pada bagian akhir atau finishing, dapur cantik nan berkelas bisa Anda peroleh dengan harga murah.

Terlebih lagi saat ini dapur menjadi salah satu area istimewa pada hunian. Tidak hanya tempat mengolah rasa dan makanan, dapur kini mejadi tempat favorit untuk berbagi cerita. Tidak heran area ini menjadi salah satu ruang yang harus dipoles agar tampil cantik dan memikat.

Yuk, kita simak tips mendesain dapur cantik untuk budget terbatas. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi Anda yang memiliki budget lebih mengikuti tips berikut ini.

Tips Mendesain Dapur Agar Cantik!

1. Tema Desain yang Tepat

Desain menjadi hal yang penting dalam membangun dapur impian. Konsep desain tersebut akan memudahkan Anda dalam menentukan finishing yang tepat nantinya.

Terdapat beberapa gaya desain dapur yang dapat Anda terapkan, seperti minimalis (favorit), modern, skandinavia, rustic, country, vintage, dan modular.

↑ Ke Daftar Isi


2. Pilihan Material Kabinet

Tetap Minimalis dengan Kitchen Set Biru Hitam
renoguide.com

Kabinet merupakan area penyimpanan utama pada dapur. Biasanya pemilik rumah memanfaatkan bagian atas dan bawah dapur sebagai lokasi penempatannya.

Walaupun demikian, bila dapur Anda sempit cukup memanfaatkan area bawah bukanlah suatu masalah. Sebagai gantinya, bagian atas dapat dimanfaatkan sebagai area penyimpanan gantung.

Untuk materialnya saat ini material multipleks adalah primadonanya. Namun, bila ingin menekan biaya Anda bisa menggunakan material blockboard.

Dari segi kekuatan multipleks lebih kuat dibanding kayu olahan lainnya, termasuk blockboard. Bahan dasar multipleks (plywood), yakni kulit kayu yang berlapis-lapis dan dipress sehingga tekstur kayunya lebih rapat dan lebih tahan terhadap air.

Sementara itu, blockbord terbuat dari potongan kayu yang dipadatkan dan diberi pelapis veneer di kedua sisinya ini cukup baik untuk material pembentuk rak dan kitchen set.

Bahan Kabinet Multipleks dan Blockboard
123rf.com

Jadi, ada 2 pilihan material yang dapat Anda terapkan pada kabinet. Multiplek (plywood) atau blockboard.

Selain bahan dasar kabinet hal lain yang harus Anda perhatikan pada kabinet, yakni sistem bukaan. Terdapat sistem bukaan soft dan hard. Dari segi harga sistem bukaan soft lebih mahal dibanding hard. Namun, soft close akan memberikan kesan simpel pada kabinet Anda.
↑ Ke Daftar Isi


3. Material Table Top

Desain Dapur Minimalis Cocok untuk Type 45
aparthementtherapy.com

Table top adalah bagian paling atas dari meja dapur yang berfungsi sebagai pelindung furniture yang berada di bawahnya. Sebutan lainnya, seperti counter top atau bench top.

Bahan yang digunakan sebagai table top haruslah tahan air dan tahan panas mengingat aktivitas di dapur akrab dengan kondisi tersebut.

Beberapa material yang dapat Anda gunakan, seperti keramik (umumnya), teraso, granit, marmer, kayu solid, solid surface, HPL, stainless steel, dan homogeneous tile.

Dari segi kemewahan, marmer dan granit berada pada level tertinggi. Sayangnya hal ini setara dengan harganya.

Namun, untuk memberikan tampilan serupa granit alam Anda bisa menggunakan homogeneous tile. Homogeneous tile memiliki varian motif dan anda daoat memilihnya sesuai desain dapur.

Harga homogeneous tile berkisar antara Rp400.000-Rp600.000.
↑ Ke Daftar Isi


4. Material Backsplash

dinding dapur cantik
bidvine.com

Backsplash merupakan area dinding pada meja dapur yang kerap terkena jipratan air atau noda lainnya.

Sama dengan table top, beragam material dapat anda gunakan, mulai dari keramik hingga marmer. Pemilihan material ini menyesuaikan budget yang anda sisihkan.

Material kaca dan stainless steel merupakan material populer dan memberi kesan mewah pada dapur.

Namun harga kedua material ini cukup mahal sehingga untuk menyisasiasatinya aplikasikan hanya bagian-bagian tertentu, misal area bak cuci (sink).

Selain itu, adalah keramik. Material ini dikenal dengan harga murah, motif menarik, dan perawatan minim.

↑ Ke Daftar Isi


5. Finishing

Walau menggunakan material dengan harga yang relatif murah dapur tetap bisa tampak lebih cantik, mewah, dan menarik dengan finishing yang tepat.

Salah satu jenis finishing, yakni Duco. Finishing Duco akan menampilkan finishing dengan cat tanpa menampakkan serat kayu dari material yang hendak di-finishing.

Duco memang memberikan tampilan yang wah. Tapi harganya juga selangit.

Sebagai gantinya anda bisa menggunakan high pressure laminating (HPL) sebagai bahan finishingnya. Ragam motif dan warna yang dihadirkan mampu memberikan kesan mewah yang diinginkan.

Itulah beberapa tips dalam mendesain dapur cantik dengan budget terbatas. Walaupun relatif murah bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan dapur impian.

Semoga bermanfaat ya.

Referensi: Tabloid Rumah Edisi 312 – XIII

Yuk Diskusi!