Desain Taman Minimalis

Desain taman minimalis penting untuk diperhatikan baik di lahan sempit, depan atau belakang rumah, indoor, ataupun rooftop.

Untuk itu, yuk lihat inspirasinya sebagai salah satu area yang bisa memberikan pemandangan indah di rumah, dan juga bisa menjadi area yang dimanfaatkan untuk kegiatan rekreasi sehari-hari.

Keberadaan taman di sebuah rumah juga bisa membuat penghuni rumah bisa menanam segala macam tanaman. Bukan hanya tanaman hias, melainkan juga tanaman toga yang bermanfaat.

Jika Anda adalah orang yang suka bercocok tanam atau mengoleksi tanaman-tanaman cantik, berikut beberapa ide desain taman minimalis yang mungkin bisa memberikan referensi yang menarik untuk diterapkan di rumah.’

5 Pertimbangan Membangun Taman

taman minimalis

taman minimalis instagram.com/mela_andayani

1. Pilih Tanaman Jangka Panjang

Sebelum membangun taman pertimbangan pertama yang harus diperhatikan adalah tanaman apa yang hendak di tanam. Terdapat 2 tipe tanaman yang dapat Anda tanam, yakni tanaman jangka panjang dan trend.

Nah.

Salah satu jenis tanaman trend, yakni pohon ketapang kencana. Keindahan tanaman ini memang begitu memikat untuk taman namun sampah daun keringnya cukup tinggi.

Alhasil, Anda harus mengalokasikan waktu untuk membersihkannya dalam jangka waktu dekat.

Oleh karena itu, ada beberapa tanaman taman yang cukup direkomendasikan, seperti beringin, beringin putih, drasena deko, bugenvil, kaktus batang, dan palem putri.

2. Perhatikan Ukuran Lahan

Membangun taman di rumah tentu memiliki tujuan, salah satunya sebagai area santai.

Tentu akan ada furniture dan dekorasi yang ditempatkan di taman agar makin menarik. Sayangnya, tak semua furniture dan dekorasi bisa diterapkan, ada satu hal yang harus diperhatikan, yakni lahan.

Bila lahan cukup luas, Anda bisa menempatkan gazebo atau kursi santai.

Akan tetapi, bila ukurannya hanya sekitar 3×3 meter akan lebih baik tidak menggunakan gazebo karena akan sempit.

Solusinya. Tempatkanlah kursi santai di teras dengan pemandangan ke arah taman. So, fungsi gazebo akan tergantikan.

3. Batu Alam di Garis Jatuh Atap

Hal lain yang harus diperhatikan yakni penempatan batu alam di garis jatuh atap.

Kenapa?

Hal ini demi meminimalisir rusaknya tanah taman karena jatuhnya air hujan dari atap.

Sebagai solusinya, Anda dapat menempatkan batu alam pada garis jatuh atap sehingga tanah tidak mengalami erosi.

Seperti ini contohnya.

4. Gunakan Batu Pijakan Warna Gelap

Kemudian, agar tampak makin ciamik tentunya taman kita gunakan sebaiknya ditambahkan batu pijakan. Hal yang diperhatikan pada hal ini, yakni gunaknlah batu pijakan dengan warna gelap.

Hal ini ditujukan agar kotor pada batu pijakan tak terlihat bila dibanding menggunakan warna yang cerah.

Desain Taman Minimalis Cantik 2018

1. Taman Depan Rumah

model taman rumah yang luas
model taman rumah yang luas | gambar: desainrumahnya.com

Adalah hal yang menyenangkan ketika Anda memiliki sebuah taman depan rumah yang luas. Karena dengan taman depan rumah yang luas, tentunya akan lebih mudah bagi Anda untuk mendesainnya.

Selain itu aneka jenis tanaman juga bisa ditanam dengan baik.

Namun, walau space yang tersedia cukup luas, Anda tidak bisa sembarangan dalam mengatur tata letak taman Anda. Semuanya harus berdasarkan komposisi dan proporsi yang baik.

Baik dari segi vegetasinya maupun dari segi non-vegetasinya.

Poin-poin penting dalam desain taman depan rumah luas.

  • Bagi area taman menjadi area fungsional taman dan area sirkulasi. Karena sebuah taman juga membutuhkan area sirkulasi yang baik.
  • Untuk rumah yang taman depannya cukup luas, Anda bisa menambahkan elemen taman lainnya yang memungkinkan, misalnya dengan menambah kolam ikan, gazebo mini, bangku taman, atau elemen lainnya yang Anda butuhkan. Elemen-elemen ini akan membuat taman menjadi tidak monoton.
  • Pilih jenis tanaman yang Anda inginkan. Namun jangan terlalu banyak mengambil jenis tanaman, terutama tanaman yang tinggi (pohon). Kecuali jika Anda memang ingin menanam banyak pohon yang bisa berbuah yang nantinya bisa dipanen.
  • Karena taman terletak di area depan, tentukan sebelumnya apakah Anda ingin taman tersebut dinikmati sendiri atau dinikmati juga oleh orang yang lewat di depan rumah Anda. Sehingga Anda bisa menerapkan pagar rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

↑ Ke Daftar Isi


2. Taman Sederhana

desain taman depan rumah sederhana
desain taman depan rumah sederhana | dekorextra.com

Jika tidak terlalu suka dengan model taman depan rumah yang terlalu luas dan terlalu kompleks, Anda bisa menyederhanakan tampilan taman depan rumah Anda.

Apalagi jika Anda memiliki area taman depan rumah yang tidak begitu luas.

Beberapa poin penting dalam desain taman rumah sederhana.

  • Taman yang sederhana memang cocok untuk desain taman minimalis di rumah berkonsep minimalis.
  • Anda mungkin hanya perlu menanam 1 sampai 3 jenis tanaman saja untuk ditanam dan ditata di taman depan rumah Anda. Tidak perlu memilih banyak jenis tanaman, karena akan mengacaukan konsep sederhana itu sendiri.
  • Tetap berikan ruang untuk sirkulasi manusia agar penghuni rumah pun bisa nyaman dalam berkegiatan di taman tersebut.

↑ Ke Daftar Isi


3. Taman Indoor

desain taman interior
desain taman interior | gambar: architectureartdesigns.com

Bagi orang-orang yang ingin membawa kesejukan masuk ke dalam rumah, taman bisa dibawa masuk ke dalam rumah. Saat ini keberadaan taman di dalam rumah sudah bukan merupakan hal yang baru lagi. Karena konsep ini juga cukup sering disosialisasikan untuk menyiasati rumah-rumah sempit di perkotaan.

Poin-poin penting dalam membangun desain taman indoor.

  • Walau taman berada di dalam ruangan, taman tetap berhak mendapatkan pencahayaan langsung dari sinar matahari.
    Maka dari itu, Anda bisa membuat atap yang berlubang di atas area taman tersebut. Jika tidak ingin membuat atap yang berlubang karena khawatir akan tindak kriminal, maka Anda bisa memasang atap yang transparan di area taman.
  • Pilihan jenis tanaman sangat perlu untuk diperhatikan. Pilihlah jenis tanaman yang akarnya tidak akan merusak pondasi, lantai, dan elemen bangunan rumah Anda.
    Sebisa mungkin pilih tanaman yang tidak bisa tumbuh menjadi tinggi.
  • Agar lingkungan dalam rumah tetap bersih walau sudah terdapat taman di dalamnya, pisahkan taman dengan ruang utama rumah.
    Caranya bisa bermacam-macam, misalnya memberikan sekat kaca, mengatur ketinggian taman aga lebih rendah dari lantai rumah, dan masih banyak lagi.

↑ Ke Daftar Isi


4. Taman Belakang Rumah

desain taman mewah minimalis di belakang rumah
desain taman mewah minimalis di belakang rumah | gambar: freshideen.com

Taman belakang rumah merupakan sebuah area yang menarik untuk dieksplorasi. Dimana taman belakang rumah bisa dimanfaatkan sebagai ruang keluarga kedua bagi para anggota keluarga untuk bersantai.

Poin-poin penting dalam membentuk desain taman belakang rumah minimalis.

  • Taman belakang rumah bukanlah taman yang akan dinikmati oleh orang yang lewat di depan rumah. Sehingga pengaturan taman bisa sesederhana mungkin, namun lebih menonjolkan aspek fungsionalnya.
  • Anda bisa menambahkan bangku taman yang nyaman untuk bersantai di sore hari atau untuk minum kopi bersama anggota keluarga yang lain.
  • Elemen taman lainnya juga bisa diletakkan di taman belakang rumah. Misalnya jika Anda memiliki anak kecil, maka meletakkan ayunan atau playground sederhana di taman belakang bisa menjadi alternatif yang menarik.
  • Pemilihan tanaman juga lebih fleksibel di taman belakang.

↑ Ke Daftar Isi


5. Mengoptimalkan Lahan Sempit

desain taman di lahan sempit
desain taman di lahan sempit | gambar: gardenista.com

Memiliki lahan sempit sebenarnya bukan menjadi sebuah alasan bagi sebuah hunian untuk tidak memiliki taman. Karena amat banyak ide desain taman minimalis di lahan sempit yang bisa diterapkan di rumah Anda.

Salah satunya adalah dengan mengurangi sebagian lahan dari rumah untuk dijadikan taman, walaupun lebarnya hanya 1 meter.

Taman tersebut bisa dibentuk secara linear. Cara membuat taman sendiri dengan konsep ini adalah bagilah lahan yang hanya selebar 1 meter itu menjadi dua bagian.

Bagian yang satu digunakan untuk bercocok tanam, sedangkan bagian lainnya digunakan untuk sirkulasi manusia.

Maka Anda akan mendapatkan sebuah taman sederhana yang juga bisa dimanfaatkan untuk secondary entrance.

↑ Ke Daftar Isi


6. Box Gaden, Ide Taman Mungil

box garden, solusi taman kecil
box garden, solusi taman kecil | gambar: Homedit.com

Homedit.com

Konsep taman tidak harus selalu berarti area yang luas yang ditanami oleh berbagai jenis tanaman dan memiliki elemen pendukung taman yang menarik.

Jika Anda memiliki taman yang mungil, bahkan sangat kecil, tidak masalah sebenarnya. Anda pun tetap bisa menanam beberapa jenis tanaman yang berguna untuk estetika maupun toga.

Salah satu caranya adalah dengan membuat kotak-kotak tanaman yang disesuaikan dengan ukuran space yang Anda miliki.

Box garden merupakan salah satu ide dari sebuah hunian yang kecil agar tetap memiliki taman sendiri. Menariknya lagi, box garden ini bisa Anda tempatkan di ruang manapun yang Anda inginkan.

Misalnya di teras yang kecil, di dekat dapur, atau di manapun itu.

Poin-poin penting dalam konsep box garden.

  • Anda bisa membuat sendiri kotak yang akan Anda manfaatkan untuk taman. Kotak ini bisa dibuat dari kayu palet bekas, rak yang sudah rusak, atau apapun.
  • Berikan beberapa sekat di dalam box tersebut untuk memisahkan jenis tanaman yang akan Anda tanam.
  • Sebisa mungkin, tanam tanaman yang bermanfaat. Misalnya tanaman sayur yang bisa dipanen saat sudah besar, atau tanaman toga yang sewaktu-waktu bisa dimanfaatkan untuk obat tradisional. Namun jika Anda ingin menanam jenis bunga-bungaan juga tidak masalah.
  • Jika Anda ingin menanam tanaman rambat, Anda juga bisa menambahkan papan vertikal dengan jaring-jaring. Setelah tubuh, papan vertikal tersebut akan menjadi hijau dan segar.
  • Jumlah dan ukuran box disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Video Taman Mini sebagai Inspirasi

↑ Ke Daftar Isi


7. Taman Vertikal

taman vertikal, model garden terbaru
taman vertikal, model garden terbaru | gambar: architectureartdesigns.com

Ide selanjutnya dari sebuah desain taman minimalis adalah taman vertikal atau vertical garden. Konsep taman vertikal sendiri sudah cukup banyak dibahas akhir-akhir ini sebagai salah satu solusi rumah hunian agar tetap dapat memanfaatkan ruang sempit sebagai taman.

Menariknya, Anda yang tidak memiliki lahan sempit pun bisa memanfaatkan dinding-dinding rumah Anda sebagai taman.

Sehingga walau tidak memiliki taman atau sisa lahan untuk dijadikan taman, rumah akan tetap hijau dan segar. Walau jenis tanaman yang bisa ditanam hanya tanaman-tanaman kecil saja.

Poin-poin penting dalam membentuk vertikal garden.

  • Pada dasarnya, semua dinding di rumah Anda bisa dimanfaatkan sebagai area untuk bercocok tanam. Bahkan dinding di dalam kamar Anda sekalipun. Namun penempatan vertical garden ini juga perlu diperhatikan, karena tidak semua ruang membutuhkannya.
  • Ruang-ruang yang sekiranya bisa memanfaatkan konsep vertical garden adalah area depan rumah Anda, misalnya garasi atau carport, area teras, dan ruang tamu. Sedangkan bagian dalam rumah yang memungkinkan adalah area dapur.
  • Vertical garden bisa diterapkan dengan berbagai macam bentuk. Anda bisa saja menyusun pot tanaman secara vertikal, menanam tanaman rambat di dekat dinding yang nantinya akan tumbuh secara vertikal, atau menanam tanaman sulur di balkon rumah Anda yang akan tumbuh ke bawah.
  • Ukuran vertical garden juga bisa disesuaikan dengan area dinding yang akan ditanami. Anda bahkan bisa membuat vertical garden mini untuk ditempatkan di kamar Anda sebagai elemen dekorasi atau pajangan layaknya pigora foto.

↑ Ke Daftar Isi


8. Roof Garden

roof garden, taman di atas atap. Cantik!
roof garden, taman di atas atap. Cantik! | gambar: dwellingdecor.com

Lain halnya dengan vertical garden, konsep roof garden adalah konsep yang memanfaatkan ruang atap yang tidak terpakai sebagai taman yang indah.

Taman di atap rumah ini bukan hanya akan menghemat space di rumah Anda, melainkan juga akan bermanfaat untuk mendinginkan rumah Anda.

Hal ini akan menjadikan rumah menjadi lebih sejuk nantinya.

Menariknya lagi, jika Anda memiliki area atap yang luas, Anda juga bisa menjadian area tersebut sebagai ruang untuk bersantai. Karena bukan hal yang mustahil untuk menambah perabot taman yang dapat dimanfaatkan untuk ruang keluarga kedua.

Poin-poin penting dalam membentuk roof garden.

  • Konsep roof garden bukanlah konsep yang bisa diterapkan di setiap rumah. Karena roof garden bisa ditempatkan hanya pada rumah yang memang sejak awal didesain untuk roof garden.
    Hal ini dikarenakan struktur atap perlu dibuat sedemikian rupa agar bisa dimanfaatkan untuk taman atap.
  • Namun jika Anda ingin membuat taman di atap rumah secara mendadak, Anda bisa mencari bagian dari atap rumah Anda yang merupakan atap datar dan cukup kuat. Lalu Anda bisa menata pot-pot tanaman di atap tersebut dengan cara yang baik.
    Misalnya jika Anda memiliki area jemur di lantai atas, Anda bisa memanfaatkan area jemur ini untuk sebagiannya dijadikan tempat bercocok tanam.
  • Jenis tanaman yang bisa ditanam di roof garden juga perlu diperhatikan. Karena tidak semua tanaman bisa ditanam di atas atap.

Demikianlah beberapa ide desain taman minimalis yang menarik untuk diterapkan dalam hunian Anda agar menjadi lebih nyaman. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.