Desain Ruang Tamu Minimalis

Desain ruang tamu minimalis merupakan salah satu konsep desain yang menarik untuk dieksplorasi lebih dalam.

Namun, saat ini mungkin belum banyak yang memahami bagaimana cara mengatur interior ruang tamu. Akibatnya, ruang tamu menjadi ruang yang membosankan dan tidak menarik.

Maka dari itu ide desain ruang tamu minimalis kali ini hadir untuk membantu Anda dalam menjadikan ruangan tersebut Anda lebih bernilai estetika yang tinggi.

Desain Ruang Tamu Minimalis Modern 2018

Yap. Kami akan hadirkan gambar sebagai inspirasi dalam mewujudkan rumah impian Anda.

1. Ukuran 3×4

desain ruang tamu ukuran 3 x 4

desain ruang tamu ukuran 3 x 4 | gambar: pinsdaddy.com

Ruang tamu merupakan salah satu ruangan yang sebenarnya tidak membutuhkan ruang yang cukup luas. Hal ini dikarenakan hanya ruang yang cukup jarang dipergunakan, yaitu hanya ketika ada tamu yang datang.

Ukuran pada umumnya dipergunakan adalah 3×4 meter. Ukuran ini cukup lapang sehingga Anda bisa mengeksplorasi 3×4 dengan lebih leluasa.

Lahan yang luas juga cocok untuk desain yang satu ini:

desain ruang tamunya mewah
desain ruang tamunya mewah | gambar: decoist.com
ruang tamu cantiik
ruang tamu cantiik | instagram.com/hilalshome.com
Poin-poin penting ide ruang tamu 3×4.

  1. Karena ruang tamu cukup luas, Anda bisa memilih ukuran sofa yang standar atau cukup besar. Penataan sofa pun cukup fleksibel untuk ruang tamu yang besar seperti ini.
  2. Untuk menambahkan kesan yang hangat, Anda bisa menambahkan karpet di lantai. Keberadaan karpet tidak akan membuat ruang tamu menjadi berkesan sempit, asalkan hindari motif karpet yang berlebihan.
  3. Sisa space yang ada bisa dimanfaatkan untuk ruang sirkulasi manusia, juga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan pot tanaman. Tujuannya tentu untuk menambah kesan asri di ruang tamu minimalis Anda.

↑ Ke Daftar Isi


2. Ukuran 3×3

desain ruang tamu ukuran 3 x 3
desain ruang tamu ukuran 3 x 3 | gambar: mirgallery.info

Ukuran ruang tamu 3×3 meter juga merupakan sebuah ukuran standar yang dinilai sudah sangat cukup untuk sebuah ruang tamu.

Ruang tamu seukuran 3×3 ini juga bisa dieksplorasi dengan cukup baik, walaupun tidak sebebas ruang tamu ukuran 3×4. Namun pengolahan ruang tamu 3×3 tentu bisa dimaksimalkan.

Tak hanya desain di atas, ini juga bisa menjadi inspirasi Anda:

elemen kayu yang menghangatkan ruang
elemen kayu yang menghangatkan ruang | gambar: decoist.com
Poin-poin penting desain ruang tamu 3×3.

  1. Pilihan sofa mungkin sudah tidak bisa lagi dengan ukuran yang besar. Namun Anda masih bisa memilih sofa ukuran standar.
  2. Jika ingin menjadikan ruang tamu ukuran 3×3 lebih terlihat lapang, pilihan sofa yang berukuran kecil minimalis lebih direkomendasikan.
  3. Anda juga masih bisa memberikan sentuhan fokus dengan cara menambahkan karpet ukuran kecil di bawah meja ruang tamu tersebut.
  4. Hindari penggunaan perabot maupun dekorasi yang berlebihan, baik di dinding maupun di lantai, karena akan membuat ruang tamu terasa sempit.
  5. Anda juga masih bisa menata tanaman di bagian pojok ruang tamu atau di sisa space lainnya yang masih bisa dieksplorasi.

↑ Ke Daftar Isi


3. Ukuran 2×3, Sekaligus Ruang Keluarga

ruang tamu minimalis
ruang tamu minimalis | gambar: pinterest.com

Permasalahan desain ruang tamu minimalis mungkin baru akan dirasakan jika ruang tamu Anda berukuran 2×3. Walau ukuran 2×3 juga masih layak untuk dimanfaatkan sebagai ruang penerimaan, namun tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjadikan ruang tamu mungil terlihat lebih cantik.

Namun Anda tetap bisa memberikan beberapa sentuhan manis dan trik desain interior tertentu untuk menjadikan ruang tamu mungil ini menjadi lebih berestetika.

Selain itu, menggunakan sofa double juga direkomendasikan untuk rumah dengan ukuran mungil.

menggunakan single sofa bed juga bisa
menggunakan sofa double juga bisa | instagram.com/rumahkayilo
Poin-poin penting desain ruang tamu 2×3.

  1. Karena ruangan sudah tidak cukup luas, pilihlah sofa yang benar-benar minimalis, baik dari segi bentuk dan juga dari segi ukuran.
  2. Pilihan sofa ruang tamu berbentuk L lebih disarankan, karena sofa bentuk L bisa menambah kapasitas duduk tamu, tanpa perlu menghabiskan space yang banyak.
  3. Pilihlah meja ruang tamu yang mungil, sesuai dengan ukuran ruangan Anda.
  4. Jika masih terdapat sisa ruang yang kecil, Anda bisa menambahkan pot tanaman atau elemen dekorasi lainnya.
  5. Hindari penggunaan karpet di lantai karena bisa menjadikan rumah nampak semakin sempit.
  6. Gunakan warna dinding yang cerah untuk menyiasati rumah agar terlihat lebih lapang.

↑ Ke Daftar Isi


4. Ukuran 2×2, Kecil Tapi Estetik

model ruang tamu ukuran 2 x 2
model ruang tamu ukuran 2 x 2 | gambar: itsprettynice.com

Jika Anda tidak cukup beruntung untuk mendapatkan ruang tamu ideal ukuran 2×3, dan rumah Anda hanya mampu memberikan space seukuran 2×2 meter untuk ruang tamu, maka diperlukan penataan yang sangat sederhana dan praktis untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman.

Walau tidak cukup luas space yang ada, bukan berarti tidak ada cara untuk menata sebuah ruang.

Poin-poin penting desain ruang tamu 2×2.

  1. Karena ruangan sangat sempit, Anda mungkin tidak bisa menggunakan sofa standar untuk ruang tamu pada umumnya. Sebagai gantinya, Anda bisa mengganti sofa dengan kursi yang lebih kecil dan dengan model yang lebih sederhana. Misalnya seperti contoh gambar di atas.
  2. Ruang tamu 2×2 adalah ruang tamu yang tidak banyak difungsikan untuk kegiatan sehari-hari, sehingga kegiatan yang bisa dilakukan hanya menerima tamu dalam jumlah terbatas. Sehingga tidak perlu menambahkan perabot lainnya yang tidak dibutuhkan.
  3. Pilihlah meja yang berukuran kecil dan dengan detail yang sangat sederhana.
  4. Karena ukuran ruang sangat kecil, usahakan untuk menggunakan tipe keramik atau alas lantai yang juga berukuran kecil. Karena keramik yang berukuran besar akan mengesankan ruang yang lebih sempit.
  5. Agar tidak monoton, Anda bisa menambahkan dekorasi menarik di dinding. Namun hindari dekorasi yang berukuran besar.

↑ Ke Daftar Isi


5. Bukaan Lebar, Ide Minimalis dan Elegan

gambar ruang tamu elegan
gambar ruang tamu elegan | gambar: homedsgn.com

Jika Anda menginginkan sebuah ruang tamu minimalis yang mengesankan nuansa yang elegan, tentu saja bisa didapatkan. Salah satu konsep yang bisa memberikan kesan yang elegan pada ruang tamu adalah membuat bukaan yang lebar pada ruang tamu tersebut.

Bukaan yang lebar akan membuat sebuah ruang memiliki kesan yang mewah. Apalagi jika Anda memiliki ruang tamu yang berukuran cukup besar. Bukaan ini bisa berupa jendela mati yang tinggi. Atau juga bisa berupa jendela mati yang dikombinasikan dengan jendela hidup.

Selain itu, Anda juga dapat mencoba desain berikut ini:

ruang tamu luas
ruang tamu luas | gambar: decoist.com
Poin-poin penting dalam menambahkan bukaan di ruang tamu.

  1. Ukuran bukaan harus disesuaikan dengan ukuran ruang tamu Anda. Jika ruang tamu cukup luas, membuat bukaan dengan space yang luas juga akan menarik. Namun jika ruang tamu Anda tidak begitu luas, bukaan cukup diterapkan pada salah satu sisi dinding saja agar tidak janggal.
  2. Jika ukuran bukaan yang ada memang cukup luas, Anda bisa membuat desain jendela dengan banyak variasi. Misalnya dengan menambahkan aksen garis-garis vertikal dan horizontal dari kusen jendela. Tujuannya agar jendela tidak terlihat kosong.
  3. Namun jika ukuran bukaan Anda tidak begitu lebar, tidak perlu menambah aksen-aksen garis di jendela karena justru akan membuat bukaan menjadi tidak terlihat ideal.
  4. Usahakan bukaan lebar diletakkan di sisi yang area luarnya akan memberikan pemandangan yang baik. Misalnya di sisi taman.
  5. Untuk mengurangi intensitas cahaya matahari masuk ke dalam ruangan atau mengurangi efek silau dari luar, Anda bisa menambahkan tanaman di luar yang dapat menghalangi sinar matahari secara alami.

↑ Ke Daftar Isi


6. Bergabung dengan Ruang Keluarga

contoh ruang tamu sekaligus ruang keluarga
contoh ruang tamu sekaligus ruang keluarga | gambar: houseofturquoise.com

Untuk menyiasati lahan yang sempit, kadang kala dua ruangan dengan fungsi yang mirip bisa digabung. Ruang tamu merupakan ruangan yang sebenarnya hanya digunakan saat ada tamu yang datang. Sehingga intensitas penggunaan ruang tamu yang singkat ini seringkali dimanfaatkan dengan menjadikannya juga sebagai ruang keluarga.

Salah satu caranya adalah dengan menambahkan tv dan perabot ruang keluarga lainnya di ruang tamu. Hal ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi desain ruang tv sempit agar terasa lebih lapang.

Contoh lain yang bisa Anda coba:

penggunaan sofa untuk kesan mwah
penggunaan sofa untuk kesan mwah | gambar: decoist.com
Poin-poin penting dalam konsep ruang tamu yang digabung ruang keluarga.

  1. Karena Anda akan meletakkan perabot keluarga di ruang tamu, usahakan untuk merencanakan sejak awal dimana posisi stopkontak listrik yang aman dan nyaman. Jangan sampai posisi stopkontak justru membuat peralatan listrik di ruang tamu menjadi terlihat tidak nyaman.
  2. Anda bisa mengatur posisi perabot agar lebih nyaman, baik untuk tamu maupun untuk anggota keluarga yang berkumpul di ruangan tersebut.
  3. Penambahan partisi juga bisa dilakukan untuk memberikan sekat semu antara area yang dipergunakan untuk menerima tamu dengan area untun keluarga, yang mana partisi tersebut bisa dipasang ketika ada tamu yang datang. Dengan demikian, anggota keluarga tetap bisa berkumpul di ruang keluarga, tanpa perlu terganggu dengan tamu yang sedang berkunjung. Begitu juga sebaliknya.

↑ Ke Daftar Isi


7. Mewah

ruang untuk tamu di perkotaan
ruang untuk tamu di perkotaan | gambar: decoist.com

Memiliki budget lebih bisa menjadi awal mewujudkan ruang tamu yang mewah. Gunakan sofa branded dan desain yang berkelas serta bahan berkualitas.

Ide di atas bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang mencari ide mewah.

Beberapa poin untuk ruang tamu mewah, seperti:

  1. Gunakan sofa dengan warna emas-kecoklatan
  2. Tambahkan karpet sebagai fokus
  3. Jendela kaca sebagai skylight

↑ Ke Daftar Isi


8. Desain Tanpa Kursi

desain ruang tamu tanpa sofa
desain ruang tamu tanpa sofa | gambar: the-green-palette.com

Menyiasati ruang tamu yang sempit juga bisa dilakukan dengan menghilangkan perabot-perabot yang akan membuatnya semakin nampak sempit. Salah satu caranya adalah dengan membentuk konsep ruang tamu lesehan atau ruang tamu tanpa sofa.

Di Indonesia sendiri, konsep semacam ini banyak diterapkan. Akan tetapi, mungkin kebanyakan orang masih menganggap bahwa ruang tamu lesehan hanya butuh karpet dan meja saja. Padahal, konsep ruang tamu lesehan pun bisa disajikan dalam balutan visual yang lebih baik.

Misalnya dengan membuat tempat duduk lesehan yang sedikit lebih tinggi dari lantai. Lengkap dengan bantal duduk yang empuk serta meja mungil yang sederhana namun elegan. Anda juga bisa menempatkan lampu stand atau juga pot tanaman di sudut-sudut ruang agar ruangan nampak lebih hidup.

Model lainnya:

ruang tamu tanpa kursi, layaknya di jepang
ruang tamu tanpa kursi, layaknya di jepang | gambar: decoist.com

↑ Ke Daftar Isi


9. Ruang Tamu di Teras

model ruang tamu di teras rumah
model ruang tamu di teras rumah | gambar: theartinlife.com

Bagi rumah-rumah sempit, ruang keluarga dengan penataan yang simpel bisa diterapkan dengan konsep ruang tamu di teras. Konsep semacam ini dinilai cukup efisien bagi sebuah rumah kecil, karena program ruang tamu bisa dihilangkan dari dalam rumah. Akhirnya ruang dalam rumah bisa menjadi lebih luas dan dimanfaatkan untuk ruangan lainnya.

Poin-poin penting dalam membentuk ruang tamu di teras.

  1. Lihat terlebih dahulu ukuran teras yang Anda miliki. Jika memang ukuran teras terasa cukup luas untuk membentuk sebuah area penerimaan untuk tamu, maka Anda bisa mulai memikirkan desain seperti apa yang cocok. Setidaknya ukuran teras yang ideal untuk bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu adalah kurang lebih 2 meter.
  2. Anda bisa memilih kursi atau sofa yang ukurannya pas dengan teras rumah Anda. Tujuannya agar kesan visual yang didapatkan tetap ideal dan tidak janggal.
  3. Karena berada di teras rumah, Anda tetap membutuhkan sebuah naungan. Tujuannya untuk meminimalisir perabot terkena air hujan. Cara yang bisa dilakukan misalnya dengan memberikan dinding kaca, partisi, atau tanaman yang rapat di sekitar teras Anda.
  4. Gunakan perabot yang awet, karena akan diletakkan di luar ruangan.

↑ Ke Daftar Isi


Baca Juga: Desain Ruang Keluarga

Bagaimana?

Sudah menemukan inspirasi untuk ruang tamu Anda?

Itulah beberapa ide desain ruang tamu minimalis yang bisa Anda terapkan pada rumah Anda mewujudkan hunia idaman. Sesuaikan dengan ukuran dan kondisi ruang Anda masing-masing.

Semoga bermanfaat.