Desain Ruang Keluarga Minimalis

Desain ruang keluarga minimalis merupakan satu bagian penting untuk menciptakan ruang huni yang nyaman bagi seluruh anggota keluarga.

Dimana ruang keluarga ini adalah satu ruang berkumpul yang paling utama dari sebuah rumah.

Akan tetapi, tidak semua orang beruntung dan mendapatkan rumah dengan luas yang mumpuni. Akibatnya, jika memiliki lahan sempit atau budget terbatas, rumah akan terasa tidak nyaman.

Sebenarnya tidak demikian. Jika Anda pandai dalam menyiasati ruang keluarga yang sempit, tentu ruang huni akan lebih nyaman. Termasuk ruang keluarga itu sendiri.

Bagaimana caranya? Berikut ini akan dijelaskan ide dan tips-tipsnya.

Ide Desain Ruang Keluarga Minimalis Mungil

1. Manfaatkan Cermin Agar Tampak Luas

Tips mendesain ruang keluarga dengan cermin
Tips mendesain ruang keluarga dengan cermin | gambar: freshome.com

Efek pantulan dari cermin yang dipasang di desain ruang keluarga kecil akan menjadikan ruang terkesan lebih lapang.

Ini adalah salah satu trik yang sederhana dan sangat mudah diterapkan tentunya.Cermin memang merupakan sebuah media yang kebanyakan dimanfaatkan untuk berdandan di kamar atau kamar mandi.

Akan tetapi, hal menakjubkan akan terasa jika Anda menempatkan cermin sebagai bahan dekorasi di ruang keluarga Anda.

Poin-poin penting dalam penempatan cermin di ruang keluarga.

  1. Cermin bisa dijadikan bagian utama dari dinding ruang keluarga Anda.
  2. Pilihlah cermin yang berbingkai polos karena bingkai polos akan lebih cocok untuk rumah minimalis.
  3. Anda juga bisa memilih bahan kaca jendela yang terlihat seperti cermin. Karena memang ada jenis kaca yang terlihat seperti cermin.

↑ Ke Daftar Isi


2. Dekorasi dengan Mengoptimalkan Plafond

Manfaatkan Plafond dalam Mendesain Ruang Keluarga
Manfaatkan Plafond dalam Mendesain Ruang Keluarga | gambar: freshome.com

Jika Anda berhasil membuat mata orang yang memasuki ruang keluarga Anda menuju ke atas, kesan lapang akan lebih terasa, daripada jika orang tersebut melihat ruang keluarga yang penuh dengan perabot.

Plafond atau langit-langit merupakan bagian yang kurang banyak dieksplorasi. Kebanyakan rumah akan mengabaikan bagian langit-langit ini.

Padahal, jika Anda jeli, memanfaatkan bagian langit-langit sebagai elemen dekorasi akan membantu menciptakan kesan ruang yang lebih luas.

Poin-poin penting dalam mendesain plafond.

  1. Untuk menarik pandangan mata orang ke bagian atas, Anda bisa membuat satu fokus vertikal yang langsung terhubung dengan plafond. Misalnya menempatkan jendela yang tinggi hingga mencapai langit-langit, menempatkan perabot yang tinggi, seperti rak buku atau rak boneka, dan sebagainya.
  2. Anda juga bisa meletakkan dekorasi yang membantu pandangan mata lebih fokus ke atas. Misalnya dengan memasang lukisan yang menjadi daya tarik di bagian bawah langit-langit.

↑ Ke Daftar Isi


3. Bergaya Klasik

Tips ketiga mendesain ruang keluarga dengan warna netral
Tips ketiga mendesain ruang keluarga dengan warna netral | gambar: freshome.com

Bila desain minimalis memiliki ciri furniture kecil nan kompak, bertolak belakang dengan gaya klasik yang menggunakan furniture berukuran besar dan biasanya terbuat dari kayu solid.

Tentunya gaya klasik ini sangat cocok untuk rumah dengan luas yang cukup besar.

Selain berukuran besar, penggunaan warna coklat juga menjadi ciri khasnya.

↑ Ke Daftar Isi


4. Gaya Minimalis untuk Rumah Komplek

Rumah komplek biasanya berukuran kecil. Nah, desain ruang keluarga minimalis bisa menjadi opsi untuk diimplementasikan.

ruang keluarga minimalis dan cantik
ruang keluarga minimalis dan cantik | gambar: instagram @tabloidrumah

Seperti gambar di atas.

Ya. Ruang keluarga minimalis yang sempit, penggunaan warna-warna yang terlalu mencolok akan semakin membuat ruang tersebut terasa sempit.

Maka dari itu, disarankan untuk Anda menggunakan warna-warna yang netral di ruang keluarga.

Warna netral akan lebih mudah diterima oleh semua orang. Sehingga tidak akan ada celah bagi ruang keluarga untuk terlihat aneh.

Warna netral juga akan menciptakan kesan yang bersih, dimana warna yang bersih akan terasa lebih luas.

Contoh lain untuk impelemntasi pada rumah Anda:

dekorasi unik bergaya kontemporer reallysimple
dekorasi unik bergaya kontemporer | gambar: reallysimple.com

Poin-poin penting tentang warna netral.

  1. Walau tidak memiliki banyak variasi warna, Anda tetap bisa memadukan warna-warna netral menjadi sebuah komposisi ruang yang cantik. Misalnya dengan mencari warna-warna muda yang akan dipadukan dengan warna yang lebih tua.
  2. Untuk dinding sebaiknya pilih warna netral yang cerah, seperti putih, light gray, atau light cream. Warna dinding yang tua akan mengesankan ruang yang gelap dan sempit.

↑ Ke Daftar Isi


5. Pemilihan Furnitur Minimalis

Pemilihan Furnitur Minimalis
Pemilihan Furnitur Minimalis | gambar: freshome.com

Untuk ruang keluarga penataan simple pada rumah berkapasitas sempit, sebenarnya cukup mudah dalam menentukan jenis furniturnya.

Pilihlah furnitur yang minimalis, baik dari segi model, ukuran, dan warna. Saat ini sangat banyak pilihan furnitur minimalis yang tetap bergengsi namun bisa mewakili konsep minimalis yang Anda butuhkan.

Konsep rumah minimalis populer akhir-akhir ini karena diiharapkan mampu menjadi solusi bagi rumah-rumah sempit perkotaan agar tetap nyaman.

Namun, konsep ini masih terasa sulit diterapkan di masyarakat yang masih menganggap bahwa furnitur mahal adalah sebuah gengsi yang tidak bisa dihilangkan.

Akhirnya, banyak orang yang membeli furnitur mahal untuk rumah mungilnya, tanpa mempelajari terlebih dahulu batas furnitur yang bagaimana yang baik dan tidak baik untuk dipilih.

Poin-poin penting dalam pemilihan furnitur.

  1. Pilih furnitur yang sederhana bentuknya namun nyaman untuk digunakan.
  2. Hindari pembelian furnitur yang bernuansa klasik, yaitu furnitur yang memiliki banyak aksen, ukiran, atau gambar-gambar lainnya, karena aksen yang terlalu banyak akan membuat ruang minimalis menjadi tidak minimalis lagi.
  3. Pilih perabot sesuai dengan ukuran ruang Anda. Hindari penggunaan perabot yang terlalu besar untuk ruang kecil.
  4. Perabot multifungsi juga bisa diandalkan dalam desain ruang keluarga mungil. Misalnya sofa untuk menonton televisi yang bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai ruang tamu. Atau meja dan kursi makan yang bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai ruang untuk menonton televisi.

↑ Ke Daftar Isi


6. Agar Tertata Rapi, Gunakan Furnitur “Kosong”

Gunakan furniture kosong agar rumah tertata
Gunakan furniture kosong agar rumah tertata | gambar: goodhousekeeping.com

Selain pemilihan furnitur dengan konsep minimalis, Anda juga bisa memanfaatkan perabot kosong sebagai bagian dari desain ruang keluarga untuk rumah mungil Anda.

Maksudnya adalah pilihlah jenis perabot yang tidak terlihat padat. Misalnya, memilih kursi rotan dengan kaki-kaki kursi yang kurus akan lebih mampu membuat ruangan terasa longgar daripada memilih sofa yang lebih terkesan padat.

Sama halnya juga dengan pemilihan lemari yang akan diletakkan di ruang keluarga. Pilihan rak yang tidak memiliki penutup akan lebih mampu menciptakan kesan yang lebih luas daripada rak yang memiliki penutup.

↑ Ke Daftar Isi


7. Desain Menambah Bukaan Ruang

Ruang keluarga dengan bukaan
Ruang keluarga dengan bukaan | gambar: goodhousekeeping.com

Ruang keluarga modern yang memiliki area sempit bisa diakali dengan menambah bukaan ruang.

Tujuannya adalah agar menambah intensitas cahaya matahari masuk lebih banyak ke dalam ruang sempit, sehingga ruang akan terlihat lebih terang dan lapang.

Selain itu, bukaan yang lebih banyak di ruang sempit akan menjadikan ruang tersebut terhubung dengan ruang luar.

Batas antara ruang luar dan ruang dalam yang semu akan menciptakan sebuah ruang yang tidak hanya lapang, namun juga sehat bagi para penghuni rumah.

Poin-poin penting dalam penambahan bukaan dalam ruang.

  1. Walau bukaan yang banyak itu memang akan menambah kesan luas pada ruang keluarga, jangan asal dalam menempatkan bukaan dan ukuran bukaan. Karena bagaimana pun juga, cahaya matahari bisa membuat mata silau dan udara dalam ruang menjadi lebih panas.
  2. Tempatkan bukaan di sisi bangunan yang teduh. Misalnya di area yang banyak pohonnya, atau di area yang cenderung aman dari efek silau dari cahaya matahari.
  3. Jika tidak memiliki biaya yang besar untuk membongkar dinding dan menambahkan bukaan baru, Anda bisa meminimalisir biaya renovasi dengan cara mengganti daun pintu Anda menjadi daun pintu kaca. Itu sudah cukup untuk menambah intensitas cahaya dan hubungan dengan ruang luar.

↑ Ke Daftar Isi


8. Ruang Keluarga Multifungsi, Cocok untuk Indonesia

desain ruang keluarga multifungsi
desain ruang keluarga multifungsi | gambar: goodhousekeeping.com

Ruang keluarga minimalis juga bisa diterapkan dalam ruang sempit dengan konsep ruang keluarga multifungsi, yaitu cara menggabungkan fungsi ruang keluarga dengan fungsi lainnya yang masih memungkinkan.

Misalnya menggabungkan antara ruang makan dengan ruang keluarga, atau ruang keluarga dengan ruang tamu, atau ruang keluarga dengan ruang belajar/baca.

Penggabungan fungsi ini bisa dijadikan solusi untuk mengurangi ruang-ruang yang tidak produktif di dalam rumah, sehingga dapat dimanfaatkan secara lebih maksimal. Yuk, lihat inspirasi ruan keluarga minimalisnya.

↑ Ke Daftar Isi


9. Model Lesehan, Keren!

Desain ruangkeluarga lasehan
Desain ruangkeluarga lasehan | gambar: belirumahminimalis.com

Desain ruang keluarga lesehan dapat juga diandalkan jika Anda memiliki hunian yang sempit. Selain dapat menciptakan kesan ruang yang luas karena tidak adanya perabot yang mengganggu pandangan, ruang keluarga dengan konsep lesehan juga akan lebih nyaman untuk berkehidupan sehari-hari.

Poin-poin penting dalam membentuk ruang keluarga lesehan.

  1. Lesehan bukan berarti kolot dan tidak memiliki daya tarik dalam aspek estetika. Anda bisa menciptakan keindahan ruang keluarga lesehan dengan banyak cara. Salah satunya dengan memfokuskan aspek estetika pada dinding ruang keluarga.
  2. Gunakan penutup lantai yang nyaman, dengan alas duduk yang juga nyaman. Karena kenyamanan sangat penting untuk kegiatan sehari-hari. Misalnya dengan memilih karpet yang berkualitas dengan bantal duduk yang empuk.
  3. Sesuaikan ketinggian perabot lainnya dengan posisi duduk lesehan. Misalnya dengan memilih meja yang rendah.
  4. Sesuaikan aspek pencahayaan ruang dengan ketinggian posisi duduk lesehan. Anda bisa saja memasang lampu gantung yang lebih rendah daripada biasanya agar intensitas cahaya yang didapatkan tetap berkualitas.

Artikel lainnya: Desain Fasad Rumah Paling Bagus

↑ Ke Daftar Isi


10. Konsep Mezzanine Begitu Menawan

Desain ruang keluarga dengan bentuk mezzanine
Desain ruang keluarga dengan bentuk mezzanine | gambar: homedesignrev.com

Menciptakan ruang keluarga sederhana dengan memanfaatkan lahan sempit bisa dilakukan dengan menggunakan konsep mezzanine.

Konsep ini adalah menambahkan sejenis loteng pada sebuah ruang untuk menciptakan ruang baru di atasnya yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan lainnya. Sehingga Anda tidak perlu menambah lantai rumah secara keseluruhan hanya untuk mendapatkan ruang baru.

Poin-poin penting dalam penambahan mezzanine.

  1. Dengan adanya konsep mezzanine, Anda bisa mengatur pemanfaatan ruang agar lebih lapang. Misalnya area mezzanine dimanfaatkan untuk ruang belajar anak, ruang baca, atau ruang bersantai. Sementara area bawahnya digunakan untuk ruang keluarga murni.
  2. Area mezzanine membutuhkan tangga agar bisa diakses. Tangga tersebut tidak perlu menggunakan tanda yang masif dan berat. Manfaatkan saja konsep konstruksi tangga yang kelihatannya ringan.
  3. Pemanfaatan area mezzanine harus tetap aman, terutama jika Anda memiliki anak kecil. Maka dari itu, tetap diperlukan pengaman, seperti railing tangga dan railing balkon.
  4. Ketinggian ruang mezzanine juga perlu diatur agar tetap nyaman untuk beraktivitas sehari-hari, baik di area bawah maupun atas.

↑ Ke Daftar Isi


11. Lengkap dengan Smart Furniture

Smart Furniture, Menghemat Penggunaan Area
Smart Furniture, Menghemat Penggunaan Area | gambar: homedepot.com

Jika di atas sudah dijelaskan mengenai ruang keluarga yang multifungsi, maka poin ini menjelaskan tentang perabot atau furnitur pintar.

Maksudnya adalah furnitur yang bisa dimanfaatkan secara fleksibel, atau untuk banyak fungsi sekaligus.

Saat ini sudah cukup banyak desainer furnitur pintar yang mengambil konsep ini dalam menata perabot interior mereka.

Tujuannya adalah memudahkan tata kelola ruang sempit tanpa perlu kehilangan fungsinya.

Desain lainnya:

ruang keluarga modern
ruang keluarga modern | dok. Tabloid Rumah

Poin-poin penting dalam furnitur multifungsi.

  1. Anda bisa mencari furnitur multifungsi di toko furnitur. Namun, tidak banyak yang bisa mewakili keinginan Anda. Maka dari itu, memesan furnitur sendiri ke pengrajin furnitur bisa dijadikan solusi.
  2. Ada banyak ide yang bisa diwujudkan dalam perabot pintar ini.
    Misalnya sofa ruang keluarga yang bagian dalamnya bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan buku, rak televisi yang bisa dimanfaatkan untuk meja makan, meja yang dapat dilipat jika tidak dibutuhkan, dan masih banyak lagi.

↑ Ke Daftar Isi


12. Colorfull!

ruang keluarga mungil
ruang keluarga mungil | dok. Tabloid Rumah

Nah, desain colorfull merupakan pilihan tepat untuk rumah Anda.

Kenapa?

Kareana, colorfull akan memberikan sesuatu yang berbeda bagi pemilik rumah. Warna yang berbeda tentu memecah kesan monoton pada ruangan.

Dan.

Ini juga cocok untuk keluarga baru mengingat warna yang berbeda mampu meningkatkan daya tangkap anak sekaligus sebagai arena bermain.

Desain lain colorfullnya:

ruang keluarga dengan mural yang memikat
ruang keluarga dengan mural yang memikat | dok. Tabloid Rumah

Poin untuk implementasi pada rumah Anda:

  1. Padukan warna cerah dengan cat dasar putih atau abu-abu.
  2. Sediakan karpet sebagai area selonjoran.
  3. Wallpaper atau quote juga bisa menghias dinding Anda.

↑ Ke Daftar Isi


13. Bonus. Minimalis + Modern!

ruang keluarga minimalis
ruang keluarga minimalis | dok. Tabloid Rumah

 

Demikianlah beberapa tips dan ide desain ruang keluarga minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah-rumah berlahan sempit agar dapat menciptakan kesan ruang yang lebih lapang. Semoga bermanfaat.

Yuk Diskusi!