Denah Rumah Sederhana

Salah satu hal yang penting dilakukan sebelum membangun rumah, yakni denah rumah. Maka dari itu, disini akan kami sajikan beberapa model denah rumah sederhana rekomendasi untuk Anda.

Karena, cara yang tepat untuk merencanakan sebuah rumah bukan hanya dari tampilan fasade yang indah, tapi juga dari tatanan ruang di denah.

Denah rumah sederhana sekalipun tetap dapat menghasilkan sebuah ruang huni yang nyaman jika ditata sesuai dengan kebutuhan ruang yang ideal.

Bukan hanya ruang, aspek sirkulasi dan penataan perabot juga diperlukan agar rumah sederhana terlihat manis. Walau kadang kala rumah tidak begitu luas, akan tetapi penghuni tetap merasa nyaman ketika bertempat tinggal di dalamnya.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk merencanakannya?

Berikut ini ada beberapa ide desain denah rumah yang sederhana yang bisa dijadikan referensi untuk rumah Anda.

Referensi Model Denah Rumah Sederhana

1. Sederhana Terasa Mewah

denah rumah sederhana mewah

thewbba.com

Konsep rumah sederhana namun mewah dapat diaplikasikan pada rencana denah. Konsep mewah tidak harus selalu memiliki kamar yang luas dan ruang yang lengkap.

Rumah yang sempit pun jika ditata secara maksimal dapat terlihat mewah. Penekanan konsep mewah dapat diaplikasikan di ruang semi publik seperti ruang keluarga dan ruang makan, yang mana ruang-ruang ini paling sering digunakan untuk berkumpul.

Anda bisa membuat aksen yang menarik seperti adanya minibar.

Di bagian kamar mandi utama pun Anda bisa menekankan konsep mewah tersebut, misalnya dengan menambahkan bathup.
↑ Ke Daftar Isi


2. Denah Letter L

denah rumah sederhana bentuk L
mediajoongdok.com

Kadang-kadang di perkotaan sangat sulit untuk mendapatkan sebuah lahan yang ideal. Sehingga mungkin Anda mendapati lahan yang bentuknya tidak presisi, misalnya lahan  letter L.

Lahan semacam ini memang akan lebih sulit untuk diolah. Namun Anda tetap bisa mendapatkan solusi terbaik untuk desain rumah dan sirkulasi bisa tetap nyaman.

Anda bisa memanfaatkan lahan ini untuk membagi-bagi zonasi. Misalnya area belakang yang melintang bisa dimanfaatkan untuk zona privat seperti kamar dan kamar mandi.

Sedangkan area yang membujur untuk ruang semi publik. Atau sebaliknya. Tatanan ruang semacam ini akan membuat rumah tetap nyaman walau berada di lahan yang bentuknya tidak ideal.
↑ Ke Daftar Isi


3. Sederhana 2 Lantai

sederhana dengan 2 lantai
tannermarloinc.com

Untuk lahan-lahan yang tidak begitu luas, biasanya jika pemilik rumah memiliki kebutuhan ruang yang banyak, konsep rumah 2 lantai sangat tepat untuk diterapkan.

Rumah 2 lantai juga dapat membantu pemilik rumah untuk mmebagi zonasi rumah, sehingga privasi setiap anggota keluarga tetap terjaga. Di lantai bawah, Anda dapat meletakkan ruang semi publik dan ruang publik. Di lantai dua, Anda bisa meletakkan ruang privat dan ruang-ruang servis.

Cara ini sangat tepat untuk menjaga kondisi rumah agar tetap nyaman.

Hal yang perlu diperhatikan dalam desain rumah 2 lantai adalah area tangga. Tangga sangat penting, karena selain sebagai ruang sirkulasi, juga bisa dimanfaatkan untuk dekorasi rumah.

Tangga bisa diekspose dan juga bisa disembunyikan, sesuai selera masing-masing. Keberadaan tangga ini sendiri lebih nyaman diletakkan di ruang semi publik agar bisa dengan mudah diakses oleh siapa saja.
↑ Ke Daftar Isi


4. Ukuran 5×7

plan rumah sederhana ukuran 5x7
media-online.id

Rumah sederhana yang sangat kecil saat ini banyak ditemukan di perkotaan. Misalnya rumah dengan ukuran yang hanya 5×7 meter. Rumah ukuran kecil seperti ini memang tidak bisa banyak menampung ruang.

Biasanya hanya bisa menampung 1 hingga 2 kamar tidur yang ukurannya sangat kecil, serta ruang utama yang tidak luas.
↑ Ke Daftar Isi


5. Type 36

pelan rumah tipe 36
rumahdijual.com

Rumah tipe 36 banyak dijual di perkotaan dengan ruang-ruang ukuran standar. Rumah tipe 36 ini memiliki 2 kamar tidur dengan 1 kamar mandi.

Sisanya adalah ruang utama yang bisa dimanfaatkan sebagai ruang tamu, ruang keluarga, dan ruang makan sekaligus. Rumah tipe 36 biasanya tidak dilengkapi dengan dapur.

Namun ada space kecil di belakang rumah yang bisa dikembangkan untuk dapur di kemudian hari.

Biasanya rumah tipe 36 ini memang didesain sebagai rumah tumbuh, yaitu rumah yang dapat dikembangkan di kemudian hari. Jika Anda membeli lahan yang tidak cukup luas, Anda bisa menerapkan konsep rumah tumbuh ini.

Pembangunan awal hanya dilakukan untuk ruang yang penting.

Kemudian hari jika sudah memiliki biaya tambahan, Anda bisa membangun kebutuhan ruang lainnya sebagai penunjang.
↑ Ke Daftar Isi


6. Type 45

desain denah rumah tipe 45
timahproperti.co.id

Berbeda dengan rumah tipe 36, rumah dengan luas 45 meter persegi akan lebih kompleks dan lebih lengkap. Anda bisa lebih mengeksplorasi area utama karena sisa space yang ada tentu lebih lebar.

Selain itu Anda bisa menambahkan dapur kecil di rumah. Konsep dapur outdoor juga dapat diterapkan jika sisa lahan tidak mencukupi untuk area dapur.
↑ Ke Daftar Isi


7. Type 60

inilah referensi denah rumah tipe 60
citraindahcibubur.com

Rumah tipe 60 adalah rumah yang cukup ideal untuk kehidupan sehari-hari. Rumah ini bisa menampung dua kamar tidur dan kamar mandi yang cukup luas. Selain itu, untuk ruang makan dan dapur, sirkulasinya akan sedikit lebih lega daripada rumah tipe 45.

Anda juga bisa menambahkan ruang untuk cuci jemur di area belakang jika masih terdapat sisa ruang.
↑ Ke Daftar Isi


8. Dengan 2 Kamar

denah rumah ini 2 kamar
cedarcottagebnb.com

Rumah sederhana dengan 2 kamar bisa diperoleh dengan membaginya ke dalam beberapa zona. Untuk zona privat seperti kamar dan kamar mandi ada baiknya diletakkan di bagian belakang.

Posisinya bisa linear atau bersebelahan. Sementara itu untuk zona publik dan semi publik dapat diletakkan di area depan. Anda bisa membuat area semi publik tidak bersekat agar rumah menjadi terlihat lebih lapang.
↑ Ke Daftar Isi


9. Dengan 3 Kamar

model denah rumah dengan 3 kamar
home-designing.com

Rumah dengan 3 kamar tidur adalah rumah yang ideal untuk keluarga kecil menengah. Rumah ini bisa dijadikan tempat tinggal yang pas karena bisa menampung lebih dari 3 orang anggota keluarga.

Satu kamar dapat dimanfaatkan untuk kamar tidur utama (orang tua) dan dua sisanya untuk kamar tidur anak.

Jika masih ada sisa ruang, di dekat area tidur anak bisa berikan ruang untuk belajar atau membaca. Ruang ini juga bisa dimanfaatkan untuk ruang santai.
↑ Ke Daftar Isi


10. Tapak Pojok

denah rumah tapak pojok
rumahdijual.com

Tapak pojok merupakan tapak yang memiliki keuntungan dan kekurangan. Keuntungan rumah di tapak pojok adalah mendapatkan view yang lebih lapang ke luar.

Namun kekurangannya adalah rumah yang dibangun tidak bisa cukup luas karena terpotong oleh garis sempadan bangunan.

Akan tetapi, jika Anda memiliki rumah di tapak pojok, Anda bisa membuat secondary entrance. Pintu masuk kedua ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan mendesak, seperti saat ada tamu di main entrance.
↑ Ke Daftar Isi


11. Desain Nan Asri

denah rumah nan asri dengan taman
jobbind.com

Rumah dapat menjadi asri jika memiliki taman yang cukup luas. Apalagi jika taman tersebut mengelilingi rumah. Anda bisa menjadikan bangunan rumah di tengah-tengah tapak agar ruang sisanya bisa ditanami tumbuhan hijau.

Jika memiliki area yang cukup luas di belakang, Anda bisa berkebun bahkan membangun gazebo untuk bersantai di sore hari. Tidak hanya itu, kolam ikan yang cukup luas pun juga bisa dibuat.
↑ Ke Daftar Isi


12. Dengan Mushola

desain denah rumah dengan mushola
interalle.com

Sebuah rumah yang nyaman bisa dibangun dengan menyediakan ruangan khusus untuk beribadah. Misalnya mushola. Di rumah cukup luas lahannya, mushola bisa diletakkan dekat dengan ruang semi publik.

Hal ini dikarenakan mushola adalah ruangan yang harus mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga.

Anda bisa membangun mushola dengan ukuran yang disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga di dalam rumah.
↑ Ke Daftar Isi


13. Dengan Garasi

denah rumah dengan garasi
merrilldavid.com

Kebutuhan akan kendaraan bermotor memang perlu diperhatikan dari sebuah rumah. Jangan sampai Anda memiliki kendaraan namun tidak memiliki ruang untuk menyimpannya.

Selain carport, sebuah rumah juga bisa memiliki garasi. Ukuran garasi sebenarnya tidak perlu terlalu luas. Asalkan pas dengan jumlah kendaraan dan ukuran kendaraan itu sendiri.

Garasi diletakkan di area depan. Selain agar mudah memasukkan kendaraan, garasi di depan diharapkan bisa mengurangi efek polusi yang dihasilkan oleh mobil.

Hal yang perlu diperhatikan adalah penempatan ruang makan. Sebaiknya jauhkan area makan dengan garasi. Untuk mengurangi bising, Anda juga bisa meletakkan ruang antara garasi dengan ruang lainnya, seperti kamar mandi dan dapur.
↑ Ke Daftar Isi


14. Lengkap dengan Kolam Renang

denah rumah dengan kolam renang
lamourcalmare.com

Rumah dengan kolam renang mungkin menjadi dambaan banyak orang. Kolam renang ini bisa dimanfaatkan untuk relaksasi. Karena kolam renang merupakan area privat, penempatannya yang ideal di rumah adalah di belakang.

Namun akses ke kolam renang sebaiknya tetap dekat dengan ruang semi publik agar lebih mudah dijangkau oleh seluruh anggota keluarga.
↑ Ke Daftar Isi


15. Taman Dalam

denah rumah dengan indoor garden
arsitag.com

Memiliki rumah yang indah dan sejuk tentu menjadi dambaan semua orang. Anda bisa mendapatkan rumah seperti ini dengan meletakkan taman di dalam rumah.

Penempatan taman di dalam rumah bisa berukuran luas dan bisa berukuran sempit, tergantung selera. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memisah rumah menjadi dua bagian, dan menjadikan taman di tengah sebagai point of interest.
↑ Ke Daftar Isi


16.Letter T

model denah rumah letter l
arsitag.com

Lahan yang didapatkan untuk membangun rumah kadang kala tidak ideal. Anda mungkin akan mendapatkan sebuah lahan yang bentuknya seperti huruf T. Jika sudah demikian, mengolahnya tentu akan cukup sulit.

Namun bentuk T ini juga bisa membantu dalam menata ruang. Anda bisa membuat satu area privat, dan lainnya dijadikan area publik dan semi publik.
↑ Ke Daftar Isi


17. 4 Kamar

denah rumah dengan 4 kamar
darts-design.com

Rumah sederhana dengan 4 kamar cocok untuk keluarga besar, dimana anggota keluarganya berjumlah 4 hingga 5 orang. Kamar yang ada bisa disebar sesuai kebutuhan ruang.

Untuk kamar utama, bisa diletakkan di belakang yang lebih privat. Sedangkan 3 kamar sisanya dapat diletakkan di area tengah maupun depan.

Jika lahan yang tersedia cukup luas, Anda bisa menyediakan garasi yang cukup luas. Karena biasanya untuk keluarga menengah ke atas, kebutuhan parkir mobilnya lebih dari satu.

↑ Ke Daftar Isi


Demikianlah beberapa ide denah rumah sederhana dengan berbagai karakteristik dan permasalahan tersendiri.

Semoga dapat menjadi referensi yang bermanfaat, terutama untuk Anda yang ingin membangun rumah sendiri.