Denah Rumah Minimalis

Denah rumah minimalis, sebuah gaya yang begitu populer saat ini. Denah penting agar sebuah rumah haruslah menjadi nyaman.

Baik dari segi sirkulasi, penempatan bukaan, sampai perletakan perabot.

Dan semua ini harus didesain sejak awal sebelum rumah tersebut dibangun. Perencanaan terbaik agar rumah menjadi nyaman dari semua sisi adalah dengan membentuk desain denah rumah minimalis yang terbaik.

Mengapa denah rumah sangat penting untuk diperhatikan? Selain berkaitan dengan kenyamanan penghuni rumah dan penataan ruang, sebuah denah rumah dapat menjadi acuan dari penentuan struktur konstruksi bangunan tersebut.

Sehingga denah rumah memang tidak bisa didesain sembarangan.

Untuk memberikan Anda referensi, berikut beberapa ide desain denah rumah yang minimalis dan penataannya baik.

13 Denah Rumah Minimalis Terbaik di 2018

1. Minimalis 2 Lantai

Denah Rumah Minimalis 2 Lantai

Tonica.co

Salah satu cara untuk mengatasi lahan sempit di perkotaan adalah dengan membangun rumah 2 lantai.

Rumah 2 lantai terdiri dari lantai pertama dan lantai kedua yang bisa dibagi menjadi beberapa zonasi tersendiri.

Tata cara pembagian zonasi untuk rumah 2 lantai adalah dengan membentuk ruang-ruang privat di atas dan ruang-ruang publik serta semi publik di lantai pertama.

Ruang-ruang publik dan semi publik itu antara lain ruang tamu, ruang keluarga, serta ruang makan. Sedangkan ruang privat adalah kamar tidur.

Anda bisa saja meletakkan ruang tidur semua di atas. Bisa juga meletakkan kamar tidur utama di atas sementara kamar tidur biasa di lantai satu.

Hal lainnya yang tidak boleh dilupakan adalah ruang tangga. Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa rumah dua lantai tentu membutuhkan sirkulasi yang menghubungan.

Maka ruang tangga perlu diperhatikan penempatannya.

Jika Anda memiliki lahan yang cukup luas, ruang tangga bisa disendirikan dan ukurannya bisa cukup besar.

Namun jika lahan terbatas, gunakan tangga yang desainnya simpel dan dapat diletakkan di sudut ruang semi publik, seperti ruang keluarga atau ruang makan.
↑ Ke Daftar Isi


2. Minimalis 3 Kamar

denah rumah minimalis 3 kamar
Multihousingnews.com

Setiap rumah memiliki kebutuhan sendiri-sendiri. Untuk rumah yang memiliki anggota keluarga cukup banyak, tentu jumlah ruang tidur juga harus lebih dari dua.

Anda bisa saja membuat sebuah denah rumah yang nyaman dengan 3 kamar tidur.

Tentukan satu kamar tidur utama yang akan menghabiskan ruang cukup besar karena memiliki kamar mandi dalam. Sisanya adalah kamar tidur biasa.

Kamar tidur biasa bisa diletakkan di dekat kamar mandi. Untuk menghemat ruang, kamar mandi bisa diapit oleh kedua kamar tersebut.

Setelah itu sisa ruang di lahan ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan ruang publik dan semi publik lainnya, seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, dan dapur.

Jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup besar, ruang semi publik dapat digabung dengan ruang semi publik yang lainnya.

Contohnya ruang tamu yang digabung dengan ruang keluarga, atau ruang makan yang digabung dengan dapur. Hal ini akan lebih fleksibel untuk penghuni rumah.

Jika Anda memiliki sisa ruang yang tidak terpakai, jadikan space tersebut untuk ruang servis seperti gudang atau ruang cuci-jemur.

↑ Ke Daftar Isi


3. Minimalis Modern

denah rumah minimalis modern
3dplans.com

Untuk membentuk denah rumah minimalis modern, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teknik sebelumnya. Anda perlu menentukan kebutuhan ruang apa saja yang sekiranya bisa diterapkan di dalam rumah.

Dari kebutuhan ruang tersebut, tentukan zonasi yang sesuai. Misalnya zonasi berurut dari ruang publik, semi publik, hingga ke ruang-ruang privat.
Dari zona-zona tersebut akan didapatkan ruang-ruang yang bisa ditata dengan memikirkan penataan perabotnya.

Namun perlu diketahui bahwa rumah minimalis modern kebanyakan terlihat lapang. Hal ini dapat diterapkan dengan menghilangkan sekat-sekat antara ruang semi publik sehingga ruang-ruang ini terlihat menyatu.

Dengan demikian sirkulasi rumah akan terasa lebih luas dan penghuni rumah lebih leluasa beraktivitas.

Anda bisa menghilangkan sekat antaa ruang keluarga dengan ruang makan atau sekat antara ruang tamu dengan ruang dapur.

Bahkan.

Benar-benar menghilangkan sekat antara keempat ruang tersebut sehingga rumah akan lebih nampak lapang.

Namun perlu juga diperhatikan tentang kebersihan. Dapur adalah area kotor yang lebih baik sedkit tersembunyi, khususnya dari ruang publik seperti ruang tamu.
↑ Ke Daftar Isi


4. Minimalis Type 36

denah rumah minimalis type 36
Freewaremini.com

Di perkotaan akan sangat sulit untuk mendapatkan rumah yang murah dengan lahan yang luas. Rumah-rumah di perkotaan semakin tahun akan semakin kecil dan harganya mahal.

Salah satu desain rumah yang paling banyak dijual adalah rumah tipe 36.

Saat ini rumah tipe 36 dianggap ideal untuk keluarga muda. Dengan luas lahan yang tidak terlalu besar, sebuah rumah mungil dapat dibangun dengan dua kamar tidur.

Untuk menciptakan rumah luas 36 meter persegi, biasanya hanya ada ruang utama, satu kamar mandi, dan dua kamar tidur. Ruang utama ini memang tidak terlalu luas.

Namun bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu + ruang keluarga, dan sisa space dapat diisi dengan meja makan kecil.

Sayangnya rumah tipe 36 tidak disertai dengan dapur. Rumah tipe kecil seperti ini memang dijual tanpa dapur. Nantinya pemilik rumah dapat melebarkan rumahnya dengan membangun sendiri dapurnya.

Dapur ini bisa dibangun di taman belakang rumah yang biasanya memang disediakan dengan area yang cukup luas.

↑ Ke Daftar Isi


5. Minimalis Sederhana

denah rumah minimalis sederhana
Home-designing.com

Denah rumah minimalis akan membentuk tampak depan rumah minimalis juga. Sehingga sebuah rumah yang sederhana bisa menjadikan sebuah rumah terlihat sederhana.

Walau demikian, rumah yang sederhana bisa menjadi nyaman jika denah rumah direncanakan dengan baik.

Rumah sederhana identik dengan bentukan yang persegi atau persegi panjang. Anda bisa menata space sederhana tersebut dengan membagi ruang-ruang berdasarkan zona-zonanya.
Di area depan akan lebih baik diisi ruang publik seperti teras dan ruang tamu.

Sementara itu area selanjutnya bisa diisi dengan zona semi publik, seperti ruang makan dan ruang keluarga.

Untuk ruang privat seperti kamar, Anda dapat meletakkan bersandingan. Dan untuk memudahkan akses ke ruang servis, kamar tidur bisa diletakkan di dekat kamar mandi. Sisa ruang servis dapat dimanfaatkan untuk ruang servis lainnya, seperti ruang cuci.

Jika masih memiliki area di pekarangan, area ini dapat dimanfaatkan untuk taman belakang dan ruang jemur.

↑ Ke Daftar Isi


6. Minimalis Type 45

model pelan rumah tipe 45
Besthomezone.com

Berbeda dengan rumah tipe 36, rumah tipe 45 akan terasa lebih lapang.

Namun tetap saja, hanya dapat muat 2 kamar tidur. Rumah ini juga memiliki area utama dan area privat. Area utama ini dapat dimanfaatkan untuk ruang tamu + ruang keluarga dan ruang makan.

Sisanya untuk ruang dapur.

Sedangkan untuk ruang privat, dua kamar dapat disandingkan dan diletakkan dengan kamar mandi untuk memudahkan akses sehari-hari.
Rumah tipe 45 cukup ideal untuk keluarga kecil.

Namun rumah ini tetap membutuhkan penataan perabot yang tepat agar tidak terlihat penuh dan kotor.

↑ Ke Daftar Isi


7. Minimalis Type 60

pelan rumah type 60
Owevs.com

Rumah dengan luas kurang lebih 60 meter merupakan jenis rumah yang lebih nyaman untuk keluarga kecil. Walau hanya cukup untuk 2 kamar tidur, namun ruang-ruang publik dan semi publiknya akan terasa lebih luas.

Anda bisa mendapatkan ruang tamu + ruang keluarga yang lebih nyaman. demikian pula dengan dapur dan ruang makannya.

Bahkan Anda bisa membuat kamar utama dan kamar biasa. Kamar utama ini dapat diberikan kamar mandi dalam jika ruangan masih memungkinkan.

Sehingga tentu akan tercipta sebuah ruang huni yang lebih nyaman. Sisa lahan di samping atau belakangnya bisa dimanfaatkan untuk taman atau teras untuk bersantai.

↑ Ke Daftar Isi


8. Minimalis Ala Jepang

pelan rumah ala jepang
democracyrising.us

Rumah Jepang memang menarik dan cocok untuk diterapkan di Indonesia. Hal ini dikarenakan rumah-rumah Jepang identik dengan halaman rumah yang cukup luas.

Jika Anda memiliki lahan yang luas untuk dibangun, konsep rumah Jepang bisa dimanfaatkan. Baik untuk rumah 1 lantai maupun rumah 2 lantai.

Bangunan rumah bisa diletakkan di tengah-tengah lahan. Sehingga area depan, samping, dan belakang bisa sepenuhnya dimanfaatkan untuk taman.

Taman-taman ini nantinya bisa didesain dengan konsep yang khas Jepang.

Misalnya dengan menanam tanaman khas dari Jepang atau membuat kolam seperti kolam Jepang.

Jika ingin membuat rumah satu lantai, Anda bisa membuat ruang-ruang privat di bagian belakang rumah dan ruang publik di area depan.
Sementara itu, jika ingin membangun rumah 2 lantai, letakkan sepenuhnya ruang privat di lantai 2 sementara area lantai 1 seluruhnya dijadikan area semi publik dan publik.

Rumah Jepang juga identik dengan ruang-ruang yang bisa dimanfaatkan untuk bekerja atau belajar. Sehingga siapkan ruang perpustakaan mini dan ruang kerja atau ruang belajar.

Untuk membentuk area baca dan kerja yang nyaman, Anda bisa meletakkan ruang kerja ini di dekat taman yang indah.

↑ Ke Daftar Isi


9. Rumah Mungil

denah rumah minimalis mungil terbaru
ofirsrl.com

Denah rumah mungil bisa dijadikan referensi untuk membangun rumah di lahan sempit. Konsep rumah mungil ini biasanya dimanfaatkan untuk ruang-ruang di apartement, dimana hanya ada ruang-ruang yang penting saja.

Anda bisa memanfaatkan konsep ini jika memang ingin rumah terlihat praktis seperti apartemen.

Biasanya rumah mungil seperti apartemen hanya memiliki 1 kamar tidur. Sisanya adalah ruang semi publik dan ruang servis. Area penerimaan dapat dimanfaatkan untuk ruang keluarga yang kadang juga bisa dimanfaatkan untuk ruang tamu.

Sementara itu ruang makan dan dapur dijadikan satu dan terhubung dengan ruang keluarga. Kamar tidur dan kamar mandi diletakkan di belakang sebagai ruang privat dan servis yang saling terhubung.

Jika Anda ingin membuat 2 kamar, maka ruang semi publik dapat dikurangi luasnya. Misalnya dengan mengecilkan ruang makan dan ruang keluarga.

Opsi lainnya, menggabungkan fungsi ruang makan dengan ruang dapur.

↑ Ke Daftar Isi


10. Minimalis dengan Ruang Pembantu

denah minimalis dengan ruang pembantu
Decoratingdecorandmore.com

Kebutuhan rumah berbeda-beda. Rumah yang ada di lahan sempit akan berbeda dengan rumah yang ada di lahan luas.

Rumah mewah yang ada di lahan luas biasanya mengharuskan pemilik rumah membutuhkan ruang pembantu. Ruang ini nantinya akan dimanfaatkan oleh asisten rumah tangga untuk tinggal di sana.

Ruang pembantu ini tergolong pada ruang servis sehingga penempatannya dapat diletakkan dekat dengan ruang servis seperti dapur atau ruang cuci.

Walau ukurannya tidak begitu luas, ruang pembantu akan memudahkan pemilik rumah jika sewaktu-waktu ingin menyewa asisten rumah tangga.

Ruang pembantu bisa dibuat dengan ukuran yang kecil karena biasanya hanya diisi dengan kasur single dan kamar mandi kecil.

Berikan akses yang mudah untuk menuju ke ruang-ruang servis, karena asisten rumah tangga akan bekerja lebih banyak di ruang servis.

↑ Ke Daftar Isi


11. Minimalis Type 75

model denah rumah minimalis type 75
Gebrichmond.com

Rumah tipe 75 adalah rumah yang dapat dimanfaatkan untuk keluarga kecil yang membutuhkan banyak ruangan. Rumah ini bisa membentuk rumah ideal dengan 2 kamar tidur yang nyaman.

Untuk membuat rumah semakin nyaman, pisahkan zonasi publik dan semi publik dengan ruang privat.

Kamar tidur yang merupakan ruang privat dapat diletakkan di bagian belakang rumah. Tujuannya agar lebih tenang dan menjadi nyaman untuk istirahat.

Sementara ruang publik dan semi publik diletakkan di depan. Salah satu kamar ini dapat dimanfaatkan untuk kamar tidur utama, yaitu kamar dengan kamar mandi dalam yang cukup nyaman.

Karena space yang ada cukup besar, Anda juga bisa memisahkan ruang keluarga dengan ruang makan, yaitu dengan menambahkan sekat di antara keduanya.

Untuk dapur, Anda bisa membuat dapur yang cukup luas. Sementara itu, sisa ruang bisa dimanfaatkan untuk gudang atau ruang penyimpanan lainnya.

↑ Ke Daftar Isi


12. Urban Home

denah rumah bergaya urban
evstudio.com

Konsep rumah urban adalah konsep rumah yang dibangun di lahan yang tidak memiliki lebar yang cukup, namun lahan ini memanjang ke belakang. Dulu, rumah urban mungkin belum terlalu populer karena memang masih ada banyak lahan ideal untuk sebuah rumah.

Namun akhir-akhir ini, lahan selebar 4 hingga 5 meter dengan panjang di atas 10 meter, semakin marak ditemukan di perkotaan.

Sekilas, memang akan sulit mengolah lahan kecil tapi memanjang seperti ini. Namun dengan konsep rumah urban, Anda tetap dapat menghadirkan sebuah hunian yang nyaman walau lahannya tidak ideal.

Biasanya rumah urban ini didesain dengan 2 lantai atau 3 lantai, sesuai kebutuhan ruang penghuni rumah. Ruang-ruang ini dibagi menjadi beberapa zonasi utama.

Zonasi publik dan semi publik bisa ditempatkan di lantai pertama, sedangkan lantai kedua dan ketiga biasanya dimanfaatkan untuk ruang privat.

Karena lahannya memanjang ke belakang, Anda bisa menata ruang-ruang secara linear, dimana sirkualsi ini akan menjadi sirkulasi yang lurus.

Bentuk tangga pun harus menyesuaikan. Anda bisa memasang tangga lurus atau tangga L si sisi dinding rumah yang memungkinkan.

Ruang publik dan semi publik di lantai satu juga perlu disusun sesuai kepentingan ruang itu sendiri. Di bagian depan, ruang tamu dan ruang keluarga bisa ditempatkan.

Setelah itu baru ruang makan dan dapur. Anda juga perlu meletakkan satu toilet kecil di lantai satu untuk kebutuhan servis.

Di lantai dua, kamar bisa disusun berdekatan dengan kamar mandi. Jika memungkinkan, salah satu kamar tidur bisa dimanfaatkan sebagai kamar tidur utama dengan kamar mandi dalam. Namun jika lahan tidak cukup luas, Anda bisa menjadikan kedua kamar tidur ini statusnya sama.

↑ Ke Daftar Isi


13. Minimalis dengan Mushola

denah rumah dengan mushola
home-designing.com

Rumah-rumah modern mungkin sangat jarang yang memikirkan tentang mushola atau ruang doa. Padahal keberadaan mushola ini cukup penting untuk menunjang kehidupan sehari-hari.

Anda yang memiliki kebutuhan ruang tambahan seperti mushola ini dapat memanfaatkan ruang semi publik sebagai space yang

Tujuannya adalah untuk memudahkan seluruh anggota keluarga untuk menggunakannya. Sementara itu, di mushola sendiri perlu diperhatikan mengenai ruang untuk berwudhu.

Sehingga jangan lupakan ruang wudhu tersebut.

Atau setidaknya, letakkan mushola tidak jauh dari area servis agar memudahkan utilitas airnya.

↑ Ke Daftar Isi


Bagaimana dengan denah-denah rumah di atas? 13 denah di atas adalah sebuah referensi yang bisa diterapkan. Bila masih kebingungan mengenai denah minimalis mana yang lebih bagus tak ada salahnya kita berdiskusi di kotak di bawah ini.

Semoga artikel bermanfaat ya!.