Dekorasi Taman

Taman merupakan bagian pertama saat kita hendak masuk ke rumah.

Semakin elok pemandangan di sana, maka semakin menyenangkan kita menyambut rumah. Coba tengok sejenak, apakah saat ini taman kita sudah cukup indah?

Kalau belum, inilah saatnya untuk melakukan dekorasi agar taman makin indah dan enak dipandang mata.

Artikel ini akan membahas beberapa contoh dekorasi agar taman makin indah yang mudah untuk ditiru. Beberapa diantaranya juga mungkin belum umum dilakukan.

Maka tak ada salahnya mengumpulkan sebanyak mungkin referensi sehingga nantinya tinggal dipilih, mana yang cocok diterapkan di rumah kita dan tidak.

Dekorasi Taman Tren 2019

dekorasi taman trendi
instagram.com/tabloidrumah

Masih belum punya ide?

Yuk, simak beberapa contoh dekorasi agar taman makin indah di bawah ini. Kami sudah menyeleksi beberapa ide yang mudah untuk diikuti.

Sebagian cocok diaplikasikan di lahan terbatas, sebagian lagi sesuai di taman yang cukup luas. Inilah contoh yang bisa dijadikan referensi:

1. Menambah Pohon Kaktus Di Beberapa Sudut

dekorasi taman
instagram.com/rumah_nano

Tidak banyak orang yang mau menanam kaktus di halaman rumah. Bisa jadi karena durinya atau bentuk kaktus yang terlalu kaku. Padahal kalau jeli melihat bentuknya, kita bisa memilih jenis kaktus yang sesuai.

Tempatkan pohon ini di beberapa sudut sebagai dekorasi taman. Maka taman akan terlihat lebih variatif nantinya.

Merawat kaktus pun terhitung mudah. Tidak butuh banyak air karena memang kaktus hidup di tanah yang cenderung kering. Cukup posisikan kaktus di daerah yang terkena banyak sinar matahari.

Kaktus pun bisa hidup di dalam pot atau tidak. Tinggal disesuaikan saja dengan dekorasi taman yang kita inginkan.


2. Mengganti Pot Plastik Dengan Pot Bebatuan

dekorasi taman 2019
instagram.com/tabloidrumah

Kalau saat ini tanaman banyak menggunakan pot plastik, mungkin bisa diganti dengan pot dari jenis batu. Suasana akan berubah lebih natural dan tidak monoton.

Ada berbagai jenis ukuran pot, tinggal disesuaikan dengan jenis tanamannya saja. Perlu diingat, pot jenis ini memang sedikit lebih berat. Maka tentukan ukuran tanaman serta penempatan yang tepat.


3. Membangun Gazebo Kecil

dekorasi taman dengan gazebo
instagram.com/tabloidrumah

Cara dekorasi agar taman makin indah yang satu ini cocok untuk di lahan luas. Apabila ada sebagian area bisa dimanfaatkan untuk membangun gazebo mengapa tidak dilakukan?

Gazebo ini nantinya bisa dijadikan tempat mengobrol atau merebahkan tubuh sambil merasakan angin berhembus. Ada juga yang menjadikan gazebo sebagai tempat beribadah, seperti mushola luar ruangan.

Membangun gazebo bisa secara permanen atau temporer. Untuk yang temporer, saat ini ada banyak jasa penyedianya. Biasanya bahan dasar dari gazebo tersebut kayu ringan atau bambu.

Selain lebih unik, gazebo jenis ini pun tidak membutuhkan biaya yang banyak. Harganya cukup murah dan waktu penyelesaiannya lebih cepat.


4. Alternatif Lain, Bisa Menambahkan Kursi Taman

dekorasi kursi taman
instagram.com/tabloidrumah

Ingin punya spot untuk mengobrol di taman?

Tidak memungkinkan untuk mengikuti cara dekorasi agar taman makin indah di atas? Tenang, gazebo bukan satu-satunya pilihan. Ada cara lainnya yaitu dengan menambahkan kursi taman di bagian tengah.

Model dan ukurannya pun bervariasi, tinggal disesuaikan saja dengan selera dan kondisi taman saat ini.


5. Gabungkan Dengan Vertical Garden Agar Pemandangan Lebih Menarik

dekorasi taman vertikal
instagram.com/denidedidut

Jika ada sisi tembok yang kosong, coba buat vertical garden sebagai variasinya.

Cara ini cocok untuk tembok luas atau pun sempit. Setelah menambahkan kursi taman, vertical garden bisa difungsikan sebagai latar belakangnya.

Jadinya, siapa pun yang mampir ke rumah pasti tertarik untuk mencoba berfoto di sini.


6. Bisa Juga Menghias Dinding dengan Pigura

dekorasi taman
instagram.com/tabloidrumah

Dekorasi agar taman makin indah dengan memanfaatkan dinding lainnya adalah memasang pigura. Ini juga opsi lain jika membuat vertical garden dianggap terlalu rumit atau tidak sesuai dengan selera.

Bisa dipilih beberapa gambar yang menarik atau quotes sebagai motivasi. Supaya lebih indah, sesuaikan warna pigura yang senada dengan warna cat tembok.

Contoh gambar yang bisa jadi pajangan di area taman adalah lukisan bunga atau tumbuhan, suasana outdoor, atau mungkin foto keluarga dengan pemandangan alam. Kalau ingin dekorasi tambahan, bisa dipasangkan rangkaian lampion kecil di sekitar pigura.

Cahaya lampu yang kuning akan menciptakan suasana temaram yang menenangkan.


7. Memasangkan Papan Tulisan di Tengah Taman

dekorasi taman terbaik
instagram.com/denidedidut

Maksud dari cara dekorasi ini bukan memasang papan tulis selayaknya di ruang kelas.

Coba tengok gambar di atas sebagai contohnya. Cara membuatnya mudah, bahan yang dibutuhkan hanya kayu.

Manfaatkan kayu bekas kemudian perbaiki kondisinya. Tulisan yang ingin ditampilkan bebas. Bisa nama pemilik dan nomor rumah, welcoming greeting, atau lainnya.


8. Membangun Pagar Sederhana

dekorasi pagar mungil
instagram.com/tabloidrumah

Ada beberapa taman yang ditempatkan di depan rumah. Biasanya letak taman berdampingan dengan lahan parkir. Dekorasi agar taman makin indah bisa dilakukan dengan membangun pagar pemisah antara area taman dengan parkiran.

Pilih desain pagar yang sederhana supaya taman tetap terlihat luas.

Cara seperti ini cocok juga dilakukan di lahan kecil.

Seperti yang kita ketahui, model rumah jaman sekarang menyediakan car port dengan luas taman terbatas. Siasati taman rumah agar tetap canti dengan opsi dekorasi ini.


9. Tambahkan Air Mancur Untuk Suasana Berbeda

dekorasi taman cantik
instagram.com/tabloidrumah

Ciptakan suasana berbeda dengan adanya air mancur.

Mendengar suara gemericik air bisa membuat suasana lebih hidup dan tenang. Tidak perlu air mancur dengan ukuran besar. Pilih desain yang minimalis supaya perawatan pun mudah dilakukan.

Pada bagian bawahnya bisa sekaligus dimanfaatkan sebagai kolam ikan.


Itulah beberapa referensi dekorasi agar taman makin indah. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, cara-cara di atas cocok untuk taman yang luas dan sempit.

Sesuaikan saja dengan selera, kebutuhan, serta lahan saat ini. Semuanya ada alternatifnya asalkan jeli melihat celah dari kondisi yang ada.

Semoga bermanfaat.

Vanny

Vanny, mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan program studi arsitektur semester 6 di salah satu universitas di Indonesia.

Leave a Comment